Ring ring

Cara membuat satu situs menjadi tiga versi

Sabtu, 27 Agustus 2011

Xtgem Jujur saja, sejak saya mengenal wapsite pada 2010 sekitar awal bulan 11 dan mengenal sedikit kode HTML hampir 1 bulan setelah itu, sampai saat ini saya masih buta PHP. Apa itu PHP, bagaimana cara kerjanya, saya sama sekali tidak mengerti. Maklumlah saya belajar situs tanpa guru. Saya hanya mengotak-atik wap sendiri sampai sekarang.

Nah, berdasarkan pengalaman saya, walaupun kita tidak menguasai HTML seluruhnya, tidak mengerti script dan buta PHP, kita tetap bisa menyulap wap kita menjadi wap yang unik dan bagus. Satu wap kita bisa membuatnya menjadi tiga versi, versi WML, HTML mobile dan HTML desktop (website).

Misalnya, ketika Anda mengunjungi situs dengan alamat namaanda.xtgem.com atau m.namaanda.xtgem.com maka akan terbuka versi HTML mobile, versi WML jika Anda klik wap.namaanda.xtgem.com dan versi website/desktop di www.namaanda.xtgem.bom. Sebagai contoh silakan Anda lakukan itu pada wap saya laloe.tk ini.

Cara membuatnya sangat mudah jika Anda sudah mengerti cara membuat subdomain di situs sendiri maka Anda juga akan mengerti cara ini. Untuk membuatkan versi WML silakan Anda buatkan folder dengan nama wap yang selanjutnya Anda akses di wap.namaanda.xtgem.com, dan buatkan file-file di dalamnya dengan tipe WML semua. Dan jika Anda mau membuat versi website silakan Anda buat folder www yang nanti bisa Anda akses di www.namaanda.xtgem.com dan sediakan file CSS khusus sebagai template website-nya dan jangan lupa Anda ubah [!DOCTYPE] (tipe dokumen) di setiap filenya menjadi tipe dokumen website, atau jika Anda tidak tahu cara mengubahnya maka Anda hapus saja, dan biarkan dokumen Anda dimulai dengan tag <html> saja. Tipe dokumen itu bisa Anda ubah atau Anda hapus dengan membuka text editor.
Nah tipsnya selesai dan selamat mencoba!

Kembali ke muka
Komentar
[2011-11-20] TeFa19 :

kang bkn.a kalo qt buat polder, ntar jd.a namasite.xtgem/polder y? kok bisa jd.a polder d dpan?
n posting yg tutor subdomain.a udah gak da, mhon d post lg..
knjungan blik tefa19.hexat.com

[2011-11-21] Taj :

ya benar, tapi juga bisa akses dengan awalan folder itu. Tutornya tidak terhapus, cuma link itu saja yang perlu kita perbaiki, Coba tengok sini!
Terima kasih atas komentarnya.


UNDER MAINTENANCE
18 /40 /23 /447000